Bayi Rewel? Yuk Mengenal Wonder Week

Gendisayu.com | Mengenal Wonder Week – Wonder Week adalah istilah yang populer di kalangan orang tua baru. Ini merujuk pada periode ketika bayi mengalami lonjakan perkembangan kognitif dan perilaku yang signifikan. Selama masa ini, bayi mungkin lebih rewel, sulit tidur, dan merasa tidak nyaman. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang Wonder Week, termasuk apa itu, kapan terjadi, dan cara mengatasi tantangan yang muncul selama periode ini.

Apa itu Wonder Week?

Wonder Week adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada periode perkembangan yang terjadi pada bayi dalam rentang usia tertentu. Selama Wonder Week, bayi mengalami perubahan signifikan dalam perkembangan kognitif, sosial, dan emosional. Misalnya, bayi mungkin mulai mengembangkan kemampuan baru dalam hal berkomunikasi, belajar, dan memproses informasi. Namun, perubahan ini dapat menyebabkan bayi merasa tidak nyaman dan merasa lebih rewel.

Kapan Wonder Week terjadi?

Periode lonjakan perkembangan kognitif dan perilaku ini terjadi pada rentang usia tertentu, terutama pada minggu ke-5, ke-8, ke-12, ke-19, ke-26, dan ke-37. Setiap periode Wonder Week ini dihubungkan dengan perubahan perkembangan tertentu pada bayi.

Berikut ini adalah beberapa contoh perubahan yang terjadi selama periode ini:

  • Minggu 5: Bayi mulai mengalami peningkatan dalam penglihatan dan pendengaran. Mereka juga mulai mengenal suara orang tua dan meresponsnya.
  • Minggu 8: Bayi mulai menunjukkan lebih banyak kecerdasan dalam interaksi sosial. Mereka mulai tertarik pada orang lain dan cenderung merespons kehadiran mereka dengan senyuman dan bahasa tubuh.
  • Minggu 12: Bayi mulai mengembangkan kecerdasan sosial yang lebih dalam dan kemampuan untuk memperhatikan perbedaan dalam lingkungan mereka. Mereka juga mulai memperhatikan dan meniru perilaku orang dewasa.
  • Minggu 19: Bayi mulai mengembangkan lebih banyak keterampilan motorik dan mulai mengeksplorasi lingkungan mereka. Mereka juga mulai belajar bagaimana menggunakan anggota tubuh mereka untuk mencapai tujuan tertentu.
  • Minggu 26: Bayi mulai menunjukkan lebih banyak keterampilan berbicara dan bahasa, dan juga belajar untuk lebih fokus dan bermain dengan mainan.
  • Minggu 37: Bayi mulai mengembangkan kemampuan untuk memperhatikan dan menunjukkan empati kepada orang lain. Mereka juga mulai mengembangkan minat yang lebih dalam pada lingkungan mereka.
  • Minggu 46: Bayi mulai menunjukkan kemampuan untuk memahami lebih banyak konsep abstrak seperti waktu dan ruang. Mereka juga mulai lebih sadar akan perbedaan dalam lingkungan mereka dan cenderung menunjukkan minat yang lebih besar pada orang dewasa.
  • Minggu 55: Bayi mengembangkan kemampuan untuk berpikir lebih abstrak dan menunjukkan lebih banyak kreativitas dalam bermain dan bereksperimen dengan lingkungan mereka.

Bagaimana mengatasi tantangan selama Wonder Week?

Selama Wonder Week, bayi mungkin merasa lebih rewel dan sulit tidur. Moms mungkin juga mengalami tantangan dalam menghibur bayi atau menjaga keseimbangan waktu antara mengurus bayi dan kegiatan lainnya. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Moms mengatasi tantangan selama periode ini:

  1. Berikan perhatian ekstra: Bayi Moms mungkin membutuhkan lebih banyak perhatian daripada biasanya selama periode ini. Cobalah untuk memberikan perhatian ekstra, seperti memainkan permainan interaktif dan membaca buku bersama.
  2. Beri bayi waktu dan ruang yang cukup: Jangan khawatir jika bayi Moms lebih sering rewel dan sulit tidur selama Wonder Week. Cobalah untuk memberi bayi waktu dan ruang yang cukup untuk merasa nyaman dan tenang.
  3. Jadwalkan waktu tidur yang konsisten: Meskipun bayi Moms mungkin kesulitan tidur selama Wonder Week, cobalah untuk menjadwalkan waktu tidur yang konsisten setiap hari. Hal ini dapat membantu bayi Moms untuk merasa lebih tenang dan teratur.
  4. Pelajari tanda-tMoms kelelahan: Bayi Moms mungkin sulit tidur selama Wonder Week karena mereka merasa kelelahan. Pelajari tanda-tMoms kelelahan seperti menggosok mata dan menguap, dan cobalah untuk menempatkan bayi Moms untuk tidur sebelum mereka terlalu lelah.
  5. Pertahankan rutinitas harian: Cobalah untuk tetap mempertahankan rutinitas harian bayi Moms selama periode lonjakan perkembangan kognitif dan perilaku. Hal ini dapat membantu bayi Moms merasa lebih aman dan teratur, dan membantu mengurangi stres dan kecemasan.
  6. Jangan berharap terlalu banyak: Ingatlah bahwa periode ini hanyalah tahap dalam perkembangan bayi Moms dan akan berlalu. Jangan terlalu memaksakan diri untuk menyelesaikan semua tugas atau harapan dalam periode ini, dan cobalah untuk menikmati momen dengan bayi Anda.

Penutup

Menjadi ibu tentu mempunyai banyak tantangan. Salah satunya saat si kecil mengalami Wonder Week dan Growth Spurt. Semoga artikel ini menjawab pertanyaan Moms seputar periode lonjakan perkembangan kognitif dan perilaku.

Leave a comment