Manfaat Traveling Bersama Anak: Memperkaya Pengalaman dan Hubungan Keluarga

Gendisayu.com | Manfaat Traveling Bersama Anak – Pengalaman traveling terjauh bersama Gendis yang pertama adalah pulang kampung ke rumah kakek buyut di Tulungagung. Sebelum ke Tulungagung, kami memutuskan untuk traveling tipis-tipis bersama Gendis. Oh iya, waktu itu Gendis sudah berusia 7 bulan.

Banjarmasin-Tulungagung, Traveling Bersama Gendis Ayu

Di sebagaian daerah di pulau JAwa terdapat adat bernama tedak siten atau pitonan. Yaitu tradisi turun tanah yang dilakukan saat bayi menginjak usia 7 bulan. Begitu pula di Tulungagung yang masih memelihara adat ini.

Nduk, nanti Gendis tedak siten di Tulungagung aja ya. Biar rame,” tutuh mbah uyut Gendis.

Bismillah. Kami pun membuat rencana pulang ke Tulungagung untuk melaksanakan tedak siten ini. Cerita tentang tedak siten Gendis Ayu sudah aku tulis di link artikel berikut ya.

Sebelum pulang ke Tulungagung, kami memutuskan untuk bermalam di Surabaya satu malam sebelum melanjutkan perjalanan ke Kota Malang.

Kota Surabaya ini ternyata cukup ramah untuk pejalan kaki. Kami memilih menginap di sekitar Tunjungan Plaza agar mudah kalau ingin berkeliling. Apalagi di sekitar Hotel Majapahit kalau malam ramai dengan aktivitas “kongko” anak muda.

Di Malang, destinasi yang kami tuju adalah Jatim Park II atau Batu Secret Zoo. Jatim Park II adalah tempat wisata dan kebun binatang modern yang terletak di Kota Batu. Oh iya, ternyata Malag dan Batu adalah dua kota yang berbeda. Karena di Banjarmasin tidak ada destinasi serupa, jadi kami memutuskan untuk mengajak Gendis melihat kebun binatang.

Walaupun bepergian dengan anak membutuhkan persiapan ekstra, tapi jujur saja kami sangat menikmati perjalanan ini. Apalagi manfaat traveling bersama anak ini sangat bagus.

Manfaat Traveling Bersama Anak

Traveling bersama anak bukan hanya sekadar liburan saja. Tapi juga sebuah kesempatan emas untuk memperkaya pengalaman dan memperkuat ikatan keluarga. Aktivitas ini tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga berbagai manfaat positif bagi perkembangan anak-anak.

1. Manfaat Traveling Bersama Anak: Memberikan Pendidikan yang Luas

Traveling membuka pintu kepada dunia luar, memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk belajar langsung tentang berbagai budaya, sejarah, dan geografi. Mereka dapat mengalami tempat-tempat yang hanya bisa mereka baca di buku pelajaran atau lihat di televisi. Interaksi langsung dengan berbagai lingkungan dan orang-orang dari latar belakang yang berbeda membantu membentuk pemahaman yang lebih luas dan terbuka.

2. Pengembangan Keterampilan Sosial

Berada di lingkungan baru memungkinkan anak-anak untuk mengembangkan keterampilan sosial mereka. Mereka belajar berinteraksi dengan orang-orang baru, beradaptasi dengan situasi yang berbeda, dan menghargai keanekaragaman. Kemampuan untuk berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain adalah keterampilan penting yang dapat terus berkembang melalui pengalaman traveling.

3. Memperkuat Hubungan Keluarga

Traveling bersama keluarga menciptakan momen-momen yang berharga dan kebersamaan yang kuat. Menghabiskan waktu bersama di lingkungan yang berbeda membantu mengurangi stres sehari-hari dan memberikan peluang untuk lebih mengenal satu sama lain. Kegiatan bersama seperti menjelajahi tempat-tempat wisata, bermain bersama, atau berbagi makanan lokal dapat memperdalam ikatan emosional antara orang tua dan anak.

4. Pengembangan Kemandirian

Anak-anak dapat belajar menjadi lebih mandiri melalui pengalaman traveling. Mereka akan belajar bagaimana merencanakan kegiatan, mengelola waktu, dan membuat keputusan kecil sendiri. Ini adalah kesempatan yang baik bagi mereka untuk mengembangkan rasa tanggung jawab dan kepercayaan diri.

5. Menumbuhkan Rasa Keingintahuan

Melalui traveling, anak-anak dapat merangsang rasa keingintahuan mereka. Mereka akan bertanya-tanya, mencoba hal-hal baru, dan mengasah rasa ingin tahu mereka tentang dunia di sekitar mereka. Ini adalah fondasi penting untuk perkembangan intelektual anak-anak.

Penutup

Traveling bersama anak bukan hanya mengenai destinasi wisata, tetapi juga tentang membangun kenangan bersama dan memberikan kontribusi positif pada perkembangan anak-anak. Dengan memberikan mereka kesempatan untuk belajar dan tumbuh melalui pengalaman baru, orang tua dapat membentuk individu yang lebih berpengetahuan, mandiri, dan bersosialisasi. Jadi, jadikanlah traveling bersama anak sebagai investasi berharga untuk masa depan mereka.

Leave a comment