Tips Mengatasi Tumbuh Gigi Bayi dengan Nyaman dan Aman

Gendisayu.com | Tips Mengatasi Tumbuh Gigi Bayi – Wah udah ngeces mulutnya, bentar lagi gigi Gendis tumbuhnih Gendis. Kalimat seperti itu sering aku dengar sejak Gendis berusia 3 bulan. Dan benar saja, di usia 5,5 bulan dua gigi susu Gendis bagian bawah tumbuh.

Kekhawatiranku saat Gendis Tumbuh Gigi

Setiap ibu, past punya kekhwatirannya masing-masing saat bayi mereka tumbih gigi. Waktu itu, ada dua hal yang aku khawatirkan. Pertama, apa yang harus aku lakukan kalau tumbuh gigi pada bayi menyebabkan Gendis demam dan melakukan gerakan tutup mulut atau GTM.

Kemudian, aku juga khawatir, bagaimana kalau gigi Gendis tumbuh dan dia mengigit putingku saat mengASIhi? Perjuangan puting lecet di awal mengASIhi selalu menjadi momok tersendiri untukku. Karena aku pernah hampir baby blues karena masalah puting lecet.

Kali ini aku ingin sedikit sharing tips mengatasi gigi tumbuh pada bayi berdasarkan pengalamanku pribadi.

Tips Mengatasi Tumbuh Gigi Bayi

Ada ibu-ibu yang menanti-nanti bayinya tumbuh gigi, ada ibu-ibu yang slow aja karena hal tersebut merupakan hal yang pasti terjadi. Tumbuh gigi pada bayi adalah salah satu tonggak penting dalam perkembangan bayi. Tapi, proses ini tidak selalu nyaman, baik untuk bayi maupun orang tua.

Gigi susu pertama biasanya mulai muncul sekitar usia 6 bulan, dan selama beberapa tahun ke depan, berbagai gigi lainnya akan tumbuh. Untuk membantu bayi melewati proses ini dengan lebih mudah, berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi tumbuh gigi pada bayi dengan nyaman dan aman berdasarkan pengalamanku pribadi.

1# Tips Mengatasi Tumbuh Gigi Bayi: Amati Tanda-tanda Awal

Sebagai orang tua, kita harus bisa mengamati tanda awal tumbuh gigi pada bayi. Seperti meningkatnya air liur, keinginan untuk menggigit benda-benda, dan kadang-kadang sedikit demam. Dengan mengenali tanda-tanda ini, Moms dapat merespons lebih cepat dan memberikan dukungan yang tepat saat tumbuh gigi pada bay dimulai.

2# Berikan Sesuatu yang Dapat Dikunyah

Saat awal gigi susu mulai tumbuh, bayi cenderung ingin menggigit sesuatu. Saat konsultasi ke DSA di RS Siloam, dokter memberikan rekomendasi memberikan wortel rebus yang bisa dipegang oleh bayi. Hal ini berfungsi untuk membantu meredakan rasa gatal di gusi.

“Dari pada teether yang terbuat dari karet, lebih aman menggunakan wortel rebus. Hal ini juga bermanfaat untuk mengenalkan anak pada makanan,” terang dokter Ati di RS Siloam Banjarmasin.

3# Gunakan Kain Bersih dan Dingin

Tips mengatasi tumbuh gigi bayi selanjut yaitu, memberikan kain bersih yang telah direndam dalam air dingin untuk bayi gigit-gigit. Suhu dingin akan membantu meredakan peradangan di gusi mereka.

4# Berikan Makanan Dingin

Makanan dingin seperti potongan buah atau yogurt beku bisa memberikan bantuan sementara untuk gusi yang gatal. Pastikan makanan tersebut aman untuk bayi dan selalu awasi saat mereka makan ya Moms.

5# Hindari Obat-obatan Topikal

Sebaiknya hindari penggunaan obat-obatan topikal yang mengandung benzokain atau lidokain pada bayi di bawah 2 tahun. Obat Ini dapat memiliki efek samping berbahaya untuk bayi. Jika Moms merasa perlu menggunakan obat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak ya Moms.

6# Harus Ekstra Sabar dan Lebih Perhatian

Pada saat tumbuh gigi, biasanya membuat bayi merasa rewel dan tidak nyaman. Berikan kasih sayang ekstra dan perhatian pada mereka selama proses ini yang dapat membantu meredakan stres dan ketidaknyamanan. Selain itu, Moms juga harus ekstra sabaaaaar. Karena aku paham banget, bayi yang sering rewel tak jarang membuat kita kehilangan kesabaran dan stress. 

7# Konsultasikan dengan Dokter Anak

Jika Moms merasa si kecil sangat menderita selama proses tumbuh gigi atau jika ada komplikasi yang tidak biasa, segera konsultasikan dengan dokter anak (bisa ke dokter gigi anak atau orthodontist anak). Mereka dapat memberikan penanganan medis yang tepat dan memastikan bahwa tumbuh gigi bayi Moms berjalan dengan baik.

Penutup

Sebagai seorang ibu baru, ketika anak tumbuh gigi tentu memunculkan berbagai kekhawatiran. Tapi tak lantas harus berlarut di dalamnya. Karena tumbuh gigi pada bayi adalah bagian normal dari perkembangan anak. Dengan memberikan perhatian ekstra dan dukungan yang diperlukan, Moms dapat membantu bayi Moms melewati proses ini dengan nyaman dan aman. Ingatlah bahwa setiap bayi berbeda, jadi selalu penting untuk tetap waspada terhadap kebutuhan khusus anak Moms saat tumbuh gigi.

Leave a comment