Insto Dry Eyes, Solusi Mata Kering Sahabat Ibu

Kesehatan

comment 26 Comments

By Ibu Gendis Ayu

Insto Dry Eyes, Solusi Mata Kering Sahabat Ibu

Cerita Ibu

Kehidupan Seorang Ibu

“Astaga, kenapa mata ikam (kamu)? Kok merah gitu,” tanya Erli khawatir. 

Bulan ini, sudah 16 bulan aku menjadi seorang ibu. Dari yang awalnya sibuk bekerja di kantor, sekarang sibuk ‘bekerja’ di rumah. 

Rutinitas berganti. Tapi aku berusaha tetap produktif. Seperti menjalankan project marketing bersama temanku yang berprofesi sebagai arsitek. 

Hingga aku sadar, bahwa apapun pekerjaan yang aku jalani, kondisi mata kering tetap mengintai. 

Bepergian dengan sepeda motor saat ke pasar, terpapar asap di dapur waktu memasak, mengedit video di HP, dan menulis di komputer. Semuanya menjadi penyebab mata kering yang tidak bisa aku hindari. Untuk itu, aku sedia #InstoDryEyes sebagai #SolusiMataKering. 

Tips Traveling dengan Balita
Tuhan menitipkan dua mata. Kalau aku tidak menjaganya dengan baik, lantas bagaimana aku bisa membersamai tumbuh kembang Gendis?
blog gendis ayu
Putri Santoso
Ibu Gendis ayu

Kita Punya Dua Mata untuk Melihat

Ibu: Kalau mata yang mana ya?

Gendis: (menunjuk mata sambil berkedip)

Ibu: Yay! Betul. Kita punya dua mata. Fungsinya untuk melihat. Gendis bisa melihat ibu, melihat gambar di buku, dan melihat jerapah karena Tuhan menitipkan mata.

Bisa membersamai tumbuh kembang anak adalah hal yang sangat aku syukuri. Di mana aku bisa menjadi madrasah pertama Gendis, yang mengajarinya banyak hal. 

Seperti tentang mengenal panca indera, beserta fungsinya. Hal ini selain membuat Gendis lebih mengenal dan menyayangi dirinya sendiri, juga mengajarinya untuk selalu bersyukur atas nikmat yang Tuhan titipkan.

Alhamdulillah, Gendis punya mata yang sehat. Nah, ternyataaa… otot tercepat di tubuh manusia itu ada di mata loh. Yuk kita belajar tentang mata manusia”

Manfaat Buku Dua Bahasa untuk Anak

Fakta menarik tentang mata, si otot tercepat

bagian mata manusia

“Gendis, coba lihat. Mata ibu terasa sepet. Sepertinya ibu harus istirahat. Bagaimana kalau kita tidur siang?” ajakku. 

Sebagai seorang ibu sangat menusiawi jika kita merasa lelah. Apalagi setelah seharian beraktivitas.

Tak jarang menjelang pukul 12 siang, mata menjadi berat. Jika sudah begini, aku biasanya memilih untuk mengistirahatkan mata dengan tidur siang bersama Gendis.

Oh iya, berbicara tentang mata. Ternyata indera penglihat ini sangat luar biasa loh moms. Selain menjadi otot tercepat di tubuh manusia, mata juga merupakan organ kompleks. 

Untuk itu, kita harus menjaga kesehatan mata. 

1# Otot tercepat di tubuh manusia

Otot-otot kecil di mata, mampu menggerakkan bola mata dengan kecepatan 100 detik per derajat. 

2# Memiliki resolusi lebih tinggi daripada kamera DSLR

Mata menusia mempunyai resolusi 576 megapiksel, lebih tinggi daripada kamera tercanggih saat ini. Kemampuan mata ini, membuat kita bisa melihat detail yang sangat kecil dengan jelas

3# Bayi tidak memproduksi air mata saat lahir

“Gendis waktu baru lahir, kalau nangis nggak keluar air mata loh,” jelasku. 

Pada bayi baru lahir, kelenjar air mata belum sepenuhnya berkembang. Hal inilah yang menyebabkan mata bayi terlihat kering selama beberapa minggu pertama setelah lahir. 

4# Bekedip 15-20 kali permenit

Berkedip dapat membantu mata tetap lembab dan terhindar dari debu/kotoran. Sayangnya, ketika sedang fokus pada sesuatu, frekuensi berkedip dapat menurun hingga 5-10 kali permenit. 

5# Organ terkompleks

Setelah otak, mata adalah organ terkompleks kedua di tubuh manusia. Di dalam mata, terdapat lebih dari 2 juta bagian yang bekerja sama untuk menghasilkan penglihatan. 

Kesehatan Mata

Ibu Rumah Tangga Juga Rawan Risiko Mata Kering

Sejak Gendis MPASI, aku jadi lebih akrab ke dapur. Aku berkomitmen untuk mendukung tumbuh kembang Gendis dengan makanan halal dan thayyib (sehat dan aman dikonsumsi). 

Selain memperhatikan proses memasaknya, aku juga sangat memperhatikan bahan-bahan untuk memasak. Untuk itu, aku rajin ke pasar untuk membeli bahan makanan segar.

Tapi ternyata, kedua aktivitas ini sering menimbulkan masalah mata kering. Selain itu, kira-kira aktivitas apa saja yang bisa menyebabkan mata kering?

1# Terpapar debu dan  polusi di jalan

Hampir setiap pagi aku dan Gendis pergi ke pasar untuk belanja sayur dan ikan segar. 

Kok nggak ngestock aja? 

Aku juga pengennya ngestok bahan makanan dengan food preparation. Sayangnya, Gendis kurang suka kalau ikan yang ia santap tidak segar. 

Bepergian ke pasar dan jalan-jalan dengan sepeda motor, membuat aku sering terpapar debu dan polusi. Tak jarang kondisi ini membuat mata kering dan mata sepet. 

2# Asap saat memasak yang membuat mata kering

Pernah nggak, saat terlalu lama memasak, mata terasa kering dan sepet? Apalagi kalau lagi memanggang ikan atau masak balado. 

Waaah mata auto kerasa kering dan perih. Ternyata paparan asap saat memasak bisa menurunkan kelembapan pada mata dengan signifikan. 

Jadi nggak heran, kalau aktivitas memasak juga bisa membuat mata kita kering moms. 

3# Bermain HP sambil menemani anak tidur

Hayo siapa di sini yang suka nonton drakor atau scrolling sosial media setelah anak tidur? Terus pas anak bangun baru “kok aku nggak ikutan tidur aja”. Hahaha. 

Aku pun juga sering begitu moms. Kalau Gendis tidur, malah sibuk main HP. Akhirnya pas mata udah pegel dan anak bangun, baru sadar berapa banyak waktu berlalu. 

Padahal bermain HP sambil rebahan, di ruang ber-AC dan gelap, bisa membuat mata kita jadi kering. 

4# Begadang

Begadang, jangan begadang. Kalau tiada artinya. Begadang boleh saja. Kalau ada perlunya – Begadang, Rhoma Irama

Sebagai konten kreator, malam hari adalah waktunya beraksi. Hehehe. Mulai dari membuat content plan, editing video, dan menulis artikel. 

Kalau sudah fokus dengan kegiatan menatap layar komputer dan HP ini, aku sering lupa waktu. Bahkan tak jarang bisa sampai menjelang subuh. 

Andai mata bisa berbicara, mungkian dia akan berkata:

“Ayolah kita istirahat, Aku sudah lelah menemanimu seharian beraktivitas”. 

Kesehatan Mata

Bahaya Mata Kering Jika Tidak Segera Diatasi

Gejala mata kering yang umum terjadi adalah mata pegel, mata sepet, dan mata perih. Walaupun kondisi ini adalah hal yang umum terjadi pada ibu rumah tangga dengan segudang aktivitasnya, namun bukan berarti tidak berbahaya moms. Berdasarkan beberapa sumber, ada beberapa bahaya mata kering yang harus kita waspadai.

1# Bahaya mata kering jangka pendek

2# Bahaya jangka panjang

5 Cara Mengatasi Mata Kering

insto dry eyes solusi mata kering

Waaah permukaan mataku seperti retak….

Mungkin seperti itulah gambaran ketika mata kering. Rasa tidak nyaman pada mata yang bisa membuat iritasi ini, tentu tidak bisa diabaikan begitu saja. 

Untuk itu, aku ingin berbagi beberapa tips mata kering yang biasa aku lakukan:

  1. Berkedip lebih sering dapat membantu menyebarkan air mata ke seluruh permukaan.
  2. Mengurangi penggunaan gadget yang membuat kita terlalu fokus dan cenderung membuat lupa berkedip. 
  3. Menggunakan obat mata kering seperti Insto Dry Eyes yang bisa membantu melumasi mata dan membuatnya tetap lembab.
  4. Mengistirahatkan mata secara teratur setiap 20 menit dengan memandang sesuatu yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. 
  5. Menerapkan gaya hidup sehat dengan cukup minum air putih dan makanan kaya omega-3. Omega-3 bisa membantu meningkatkan produksi air mata. 
insto dry eyes solusi mata kering

Obat mata kering andalan keluarga

Tetesin Insto Dry Eyes, Mata Kering Kembali Nyaman

Moms, setuju nggak sih bermain bersama Si Kecil membutuhkan kesehatan dan energi maksimal? Untuk itu, kondisi mata kering yang bikin drama harus segera kita atasi. 

Untuk itu, di rumah aku sedia Insto varian Insto Dry Eyes. Tidak hanya aku, suamiku yang bekerja sebagai desain grafis juga menggunakan obat tetes mata steril ini. 

“Kalau habis netesin Insto Dry Eyes, mata jadi nyaman,’ tutur suamiku. 

Aku juga setuju banget sih sama suamiku. Kalau pulang bepergian dan selesai masak, paling enek ya netesin Insto Dry Eyes yang mengandung Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) dan Benzalkonium chloride. 

Kedua kandungan Insto Dry Eyes ini bekerjasama untuk memberikan efek seperti air mata dan meredakan rasa tidak nyaman karena mata kering. 

Obat tetes mata yang menjadi sahabatku untuk mengatasi mata kering ini, dikemas dalam ukuran 7.5mL. Ukuran yang pas untuk dibawa kemana pun. Kalau habis atau ketinggalan, tinggal beli ke apotek atau minimarket dengan harga mulai dari Rp 16ribu. 

Manfaat Insto Dry Eyes

Insto Dry Eyes merupakan solusi efektif untuk mengatasi mata kering. Dengan formulanya yang inovatif dan kandungan bahan aktif, cukup 1-2 tetes 3 kali sehari, mata kering kembali lembab. 

Sebagai obat mata kering, obat tetes mata ini juga bisa meringankan iritasi mata seperti mata terasa gatal dan perih karena kekurangan produksi air mata. Insto Dry Eyes juga bisa digunakan oleh penderita rheumatoid arthritis, keratoconjunctivitis dan xerophtalmia dan juga untuk pelumas mata palsu.

Waaaah kecil-kecil cabe rawit ya. 

Buka Mata, Buka Insto

Tidak dapat dipungkiri bahwa mata adalah salah satu anugerah terbesar yang kita miliki. Oleh karena itu, merawatnya dengan baik adalah sebuah investasi untuk kesehatan dan kenyamanan jangka panjang. Dengan menggunakan produk seperti INSTO DRY EYES secara teratur, kita tidak hanya merawat mata kering, tetapi juga memastikan bahwa mata tetap sehat dan nyaman dalam beraktivitas sehari-hari.

Jadi, jangan biarkan masalah mata kering mengganggu kualitas hidup kita. Temukan solusi yang tepat dan lakukan perawatan yang terbaik untuk kesehatan mata. Dengan Insto Dry Eyes, aku bisa dapat menikmati pandangan mata yang jernih dan nyaman untuk membersamai tumbuh kembang Gendis setiap hari. 

insto dry eyes obat tetes mata kering

Sumber

  • https://insto.co.id/produk/insto-dry-eyes
  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/mengenal-mata-kering
  • https://www.halodoc.com/kesehatan/mata-kering
  • https://www.optikmelawai.com/id/news/7-fakta-unik-tak-terduga-dari-mata-kita-sangat-unik-untuk-diketahui
  •  
  • Animasi: https://lottiefiles.com
  • Video: https://www.youtube.com/watch?v=DpEUcwFDJHI
  • Dokumentasi foto pribadi

26 thoughts on “Insto Dry Eyes, Solusi Mata Kering Sahabat Ibu”

  1. selain isi blog-nya yang super informatif karna lengkap banget, aku salfok sama blog kamu kak..
    asli cantik bangetttttt! kaya lagi baca e-book gitu, tertata rapi banget..
    penataan foto dan tulisannya aesthetic sekaliiii, kerennnn!

    Reply
  2. Insto Dry Eyes ini tentunya bakal bantu banget para pekerja yang banyak menghadapi gawai seperti laptop atau HP sehingga, sehingga dapat membantu menangani masalah mata merah atau kering karena sinar layar gawai.

    Reply
  3. btw kok aku salfok sama blog nya ya kakkk cantik banget iniii sieeee..jadi kagum sendiri trus mikir ini kok bisa gini gimana ya caranya wkwkwkwk…
    btw insto dry eyes ini emang wajib banget terutama buat yang sering bekerja lama didepan laptop..must have item ini 🙂

    Reply
  4. Seneng banget aku baca tulisan nya kayak lagi diajarin sama ibu sendiri hehe, apalagi tulisan diawal awal percakapan sama gendis

    Reply
  5. Saya juga pakai Insto kalau mata mulai sepet mbak. Apalagi sering terpapar radiasi layar untuk berbagai pekerjaan. Insto dengan bahan yang mampu menjadi pelumas air mata dan memulihkan kondisi iritasi mata.

    Reply
  6. Keren banget ya Kak Putri, Tuhan menciptakan mata manusia karena dia lebih tajam daripada kamera DSLR. Mata manusia punya resolusi 576 megapiksel ternyata ya. Ih Aku baru tahu kalau asap dari masak juga bisa bikin mata kering, kayak selama ini Nggak sadar aja gitu. Eh samaan kita kalau kena gejala mata kering aku juga emang nyiapin Insto dry eyes di rumah

    Reply
    • Nah itu kak. Kegiatan kita sehari-hari memang rentan bikin mata kering. Bagi para puan yang gemar di dapur pun tetap berisiko. Selalu sedia obat tetes mata kering Insto Dry Eyes ya kak

      Reply
  7. Paling gak suka kalau mata udah kerasa kering, gak enak banget jadinya. Untungnya sih ada insto dry eyes, solusi banget untuk mengatasi mata kering. Aku selalu stok produknya di rumah.

    Reply
  8. Insto Dry Eyes solusi banget nih buat Mata Kering. Baru aja kemarin aku mengalami mata kering, tapi segera teratasi dengan cepat berkat Insto.

    Reply
  9. Pemakaian insto apa boleh secara rutin setiap hari kak? Karena aku pernah denger pemakaian tetes mata tidak dianjurkan rutin jadinya aku duka galau kalau mau beli tetes mata, sedang mataku sering banget kering dan bikin gatal

    Reply

Leave a comment