Penyebab Tarikan Motor Matic Berat dan Kurang Enak

Gendisayu.com | Penyebab Tarikan Motor Berat – Punya motor yang tarikannya enak itu pasti sangat menyenangkan. Enggak cuma bikin kita merasa nyaman saat berkendara. Motor yang tarikannya enteng juga bikin keamanan saat berada di jalan raya lebih terjamin.

Keamanan berkendara di jalan raya memang sangat dipengaruhi oleh kondisi mesin motor. Aku sering sekali melihat berita-berita yang menyebutkan bahwa “gagal nyalip” sebagai penyebab kecelakaan.

Tentu ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang gagal nyalip sehingga terjadi kecelakaan. Di samping karena faktor salah perkiraan, juga bisa disebabkan karena motor yang tidak responsif. Sehingga saat digas, mesin motor tidak memberikan respon yang dibutuhkan untuk melaju dan mendahului kendaraan lain.

Selain karena faktor mesin. Banyak juga kecelakaan yang terjadi (di jalan raya) yang disebabkan karena kurangnya perawatan pada motor. Atau, karena tidak segera mengganti komponen-komponen yang sudah mulai aus. Misalnya seperti kecelakaan yang disebabkan karena rem blong, karena ban selip, atau karena lampu motor yang mati.

Kejadian rem blong umumnya terjadi karena metode pengereman yang kurang tepat dan karena kondisi rem yang sudah aus sehingga lebih cepat panas.

Sedangkan untuk ban selip, kebanyakan disebabkan oleh kondisi ban yang sudah gundul.

Nah, untuk menghindari berbagai potensi kecelakaan tersebut, sudah tentu kita perlu untuk merawat motor secara rutin. Khususnya bagian mesin agar tarikan motor jadi lebih enteng. Sehingga, saat diajak maneuver, motor akan memberikan respon sesuai dengan yang diinginkan oleh pengendara.

Penyebab Tarikan Motor Berat

Berdasarkan pengalaman pribadi, berikut adalah beberapa faktor yang menurut aku menjadi penyebab tarikan motor terasa berat.

1. Penyebab Tarikan Motor Berat: Jarang Ganti Oli

Oli motor memiliki peranan yang sangat penting dalam melindungi mesin dari panas maupun kerusakan. Pada umumnya, oli mesin harus diganti setiap 2500 km.

Meski sudah ada rekomendasi jarak tempuh tertentu sebelum mengganti oli motor. Tapi akungnya, rekomendasi tersebut seringkali diabaikan karena, nggak sempat, malas pergi ke bengkel, atau karena berbagai faktor lainnya.

Kalau kamu adalah salah satu orang yang agak males ganti oli mesin motor Karena jarang punya waktu untuk pergi ke bengkel atau karena males bolak-balik ke bengkel terlalu sering, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan oli yang memakai teknologi Ester.

Oli Ester ini adalah salah satu oli terbaik karena menggunakan base oil tertinggi di kelas pelumas mesin.

Oli dengan teknologi Ester, selain dikenal bisa mendinginkan mesin dengan cara yang lebih baik, juga bisa diganti dengan jangka waktu yang lebih lama.

Beberapa retailer atau pabrikan otomotif ada yang merekomendasikan penggantian oli Ester setiap 5000 km. Itu artinya, jaraknya 2 kali lebih jauh dibandingkan dengan oli standar yang direkomendasikan untuk diganti setiap 2500 km.

2. Menggunakan Sparepart KW

Ketika motor mengalami kerusakan, kadang-kadang kita enggan membeli sparepart asli karena harganya yang cenderung agak mahal jika dibandingkan dengan sparepart KW (non-original).

Menggunakan sparepart KW yang berkualitas lebih rendah dari sparepart asli (genuine) bisa berdampak negatif pada kinerja, keamanan, dan juga umur pakai motor.

3. Tidak pernah ganti oli gardan

Gardan motor matic disebut juga CVT (Continuous Variable Transmission) atau transmisi otomatis. CVT adalah bagian part yang berfungsi sebagai perbandingan gigi yang bekerja secara otomatis tanpa perlu melakukan perpindahan secara manual.

Pada motor matic, CVT berperan penting dalam memberikan perpindahan gigi yang bersifat seamless sehingga nyaris tidak terasa sama sekali saat ada perpindahan gigi.

Untuk menjaga performa motor agar tetap enak dikendarai, merawat gardan dengan rutin mengganti oli gardan adalah salah satu caranya.

Biasanya, oli gardan diganti setiap dua atau tiga kali penggantian oli mesin.

4. Busi tidak terawat

Merawat busi pada motor matic juga bisa menentukan kinerja mesin dan merupakan salah satu kunci efisiensi bahan bakar yang optimal.

Perawatan busi pada motor matic bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan kondisi busi secara berkala, memperhatikan warna pembakaran, memeriksa gap atau jarak antara elektroda busi, harus rutin dibersihkan, dan sebaiknya menggunakan busi yang sesuai dengan rekomendasi pabrik motor.

5. Tidak segera mengganti kampas rem

Kampas rem adalah salah satu bagian dari motor yang paling jarang diperiksa kecuali ketika ganti ban. Karena itu, banyak pengendara yang tidak mengetahui bahwa kampas rem motornya sudah aus.

Tidak jarang, kampas rem sampai habis hingga memicu munculnya suara bising yang memekakkan telinga ketika rem bekerja.

6. Enggan mengganti filter udara

Filter udara pada motor matic memiliki peranan yang sangat penting dalam menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran. Jika filter udara tidak berfungsi maksimal, selain bikin tarikan motor jadi berat, juga berpotensi menyebabkan mesin lebih cepat rusak.

7. Tidak mengganti ban yang sudah gundul

Kenyamanan berkendara di jalan raya juga sangat dipengaruhi oleh kondisi ban motor. Selain perlu diganti secara rutin terutama sebelum benar-benar gundul. Memilih ban motor yang tepat juga sangat mempengaruhi kenyamanan.

Agar kenyamanan berkendara tetap terjaga, saat melakukan pergantian ban, sebaiknya pilih ban yang direkomendasikan oleh pabrikan, seperti ban bawaan ketika pertama kali dibeli.

8. Motor tidak pernah servis tune up

Servis rutin atau service terpadu yang biasanya dikenal dengan istilah servis motor tune up bertujuan untuk memeriksa seluruh kondisi dan komponen motor.

Ketika servis motor tune up, mekanik akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh baik itu di bagian eksternal maupun internal mesin. Mulai dari kondisi lampu, kondisi ban dan tekanan ban, rantai (CVT), rem, hingga kondisi di bagian dalam mesin termasuk saringan udara atau karburator pada motor konvensional.

Apabila mekanik atau teknisi menemukan ada komponen bagian-bagian motor yang perlu diganti, biasanya mereka akan segera menginformasikan kita sebagai pemilik motor dan akan meminta pertimbangan.

Bagian-bagian motor yang rusak tidak akan langsung diganti tanpa persetujuan kita sebagai pemilik motor. Namun apabila ada bagian-bagian yang memang harus segera diganti, Anda sebagai pemilik motor sebaiknya jangan ragu untuk meminta perbaikan.

Pilihan Bengkel Service Motor Terbaik

Bengkel motor yang bisa diandalkan untuk tempat service salah satu yang aku rekomendasikan adalah bengkel Planet Ban. Di sini kita tidak hanya bisa mengganti ban dengan pilihan yang lengkap, tapi juga bisa ganti oli dengan menggunakan oli teknologi Ester, dan bisa menikmati service mesin rasa baru.

Tak hanya itu, Planet Ban merupakan salah satu tempat servis motor tune up yang bagus dan recommended. Jadi, kalau kamu pengen memeriksa kondisi motor, sebaiknya pertimbangkan untuk memeriksanya di Planet Ban.

Kelebihan Servis Motor di Planet Ban

“Service motor rasa baru” bukan sekedar jargon tapi benar-benar akan kita nikmati jika memilih servis motor di Planet Ban.

Tidak berlebihan, mengingat teknisi Planet Ban selalu totalitas dalam membersihkan mesin sehingga, seluruh bagian mesin akan jadi lebih bersih dan terasa seperti mesin baru.

Beberapa bagian mesin yang umumnya dicek dan dibersihkan oleh teknisi Planet Ban antara lain: kepala silinder, klep mesin, piston, blok CVT hingga Throttle body. Semua bagian-bagian tersebut akan dibersihkan dari sisa-sisa pembakaran maupun debu dan kotoran. Karena itulah tidak mengherankan jika motor yang baru diservis di Planet Ban umumnya akan terasa jauh lebih responsif dan enak dibawa untuk manuver, lebih hemat BBM, dan emisinya bisa turun hingga 70%.

Selain menawarkan pembersihan part mesin yang menyeluruh, Planet Ban juga menawarkan biaya service yang sangat terjangkau.

Aku beri contoh. Kalau kita mau servis injeksi, biayanya cuma Rp20.000 aja. Begitu juga dengan service Throttle body, juga biayanya sama yaitu Rp 20.000. Sedangkan kalau kita mau servis CVT motor matic sekaligus rantainya, biayanya cuma Rp 19.500 aja. Menarik bukan?

Oli motor matic terbaik

Jadi buat kamu yang pengen melakukan cek kondisi motor secara rutin, atau pengen mengembalikan kondisi motor agar mesinnya terasa seperti mesin baru, jangan ragu untuk membawanya ke Planet Ban. Atau, kalau kamu pengen ganti oli motor matic atau manual dengan menggunakan oli Ester yang jarak tempuhnya 2 kali lebih jauh dibandingkan dengan oli standar, sebaiknya ganti oli di Planet Ban saja.

10 thoughts on “Penyebab Tarikan Motor Matic Berat dan Kurang Enak”

  1. Istriku paling suka ngomel kalau saya lupa ganti kampas rem. Tapi selain faktor agar tarikan motor enteng, ganti kampar rem berpengaruh juga pada keselamatan berkendara.
    Oli yang bagus juga perpengaruh pada tarikan motor agar enteng. Informasi yang lengkap dan bermanfaat. terkimakasih

    Reply
  2. Seingat saya, mekanik di bengkel saya biasa servis bilang ganti oli mesin 3x dan ganti oli gardan 1x. Bener nggak kak? Jadi nggak setiap bulan ganti oli gardannya

    Reply
  3. Planet ban ada di mana2… bikin selalu ingat kalo belom service motor setelah sekian lama 🙈 makasi yaa planet ban sudah kasi reminder aku

    Reply

Leave a comment