Bingka, Jajanan Khas Ramadan di Banjarmasin

Ibu Gendis Ayu

Updated on:

jajanan khas ramadhan

Gendisayu.com | Ramadan Blog Challenge – Sejak pertama kali menginjakkan kaki di “Kota Seribu Sungai” Banjarmasin, satu hal yang melekat di kepalaku. Orang Banjar suka dengan makanan manis. Jika orang Jawa identik makan dengan sambal, maka di Banjarmasin kalian bisa menjumpai orang makan apapun dengan kecap. Kuliner Banjar pun menurutku identik dengan rasa manis. Untuk itu, tak heran jika saat bulan puasa, jajanan khas Ramadan ini banyak diburu. Bingka.

Eh tapi bingka Banjar termasuk “jajanan” bukan sih? 

Kue untuk Tamu dan Keluarga Kerajaan

Bingkanya ding (bingkanya dek), ada bingka tapai ketan, kentang, dan telur,” tutur penjual kue di Pasar Ramadan Kantor Walikota Banjarmasin.

Kue bingka atau dalam bahasa Banjar disebut wadai bingka adalah salah satu dari 41 macam kue khas Suku Banjar yang disajikan untuk acara istimewa seperti pernikahan ataupun upacara adat lainnya. Walau demikian, kue khas Banjar ini juga mudah didapatkan.

Menariknya, wadai bingka ini ternyata dahulu hanya disajikan untuk tamu dan bangsawan kerajaan saja. Bingka Banjar konon diciptakan oleh Putri Junjung Buih, anggota kerajaan dari Kerajaan Negara Dipa yang merupakan nenek moyang Sultan Suriansyah dari Kerajaan Banjar.

Menurut cerita yang beredar, Putri Junjung Buih adalah pencipta resep bingka. Oleh karena itu, tak heran jika bingka Banjar dikenal sebagai kue yang mewah dan memiliki cita rasa yang istimewa.

Berburu Bingka, Jajanan Khas Ramadan di Banjarmasin

Beb, kalau kamu ke pasar wadai beliin bingka kentang ya,” tutur suamiku

Sontak aku kaget. Suamiku dan aku bukanlah pencinta makanan manis. Apalagi jenis makanan seperti bingka ini.

Bingka Banjar mempunyai tekstur yang lembut dan rasa manis yang mendominasi. Jika aku boleh memilih, aku lebih suka bingka rasa tapai ketan. Menurutku, bingka rasa ini cocok dilidahku. Perpaduan rasa manis dan kecut dari tapai ketan bisa meredam rasa manis dari bingka. Sayangnya suamiku pengen bingka kentang.

Pasar wadai Ramadan Banjarmasin tahun ini tersebar di tiga lokasi, yaitu:

  1. Kantor Wali Kota Banjarmasin
  2. Taman Kamboja Banjarmasin
  3. Halaman Gedung Susu Banjarmasin

Lokasi paling dekat dan paling nyaman menurutku adalah Pasar Wadai Kantor Wali Kota Banjarmasin. Sejak masuk ke pasar wadai ini, kita bisa menjumpai banyak gerai yang menjual bingka. Mulai dari biasa hingga yang sudah mempunyai merk dagang seperti Bingka H Thamrin dan Bingka Bunda. Pilihanku kali ini jatuh pada Bingka Bunda.

Tertarik Mencoba?

Demikianlah artikel tentang bingka, jajanan khas Ramadan di Banjarmasin. Bingka dengan berbagai variannya selalu menjadi primadona di bulan Ramadan. Rasanya yang manis dan legit, serta teksturnya yang lembut, membuat bingka disukai banyak orang.

Selamat mencoba dan selamat menunaikan ibadah puasa!

Leave a comment